Tuesday 21 August 2012

Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi


Akuntansi dikenal manusia sejak manusia mampu membaca dan berhitung. Akuntansi mulai digunakan sejak timbulnya kesadaran manusia akan perlunya laporan pertanggungjawaban khususnya menyangkut utang dan kegiatan jual beli. Peristiwa yang terkait dengan perkembangan akuntansi antara lain:
1.  Buku Summa de Arithmatica, Geometrica, Proportioni, et PProportionalita yang ditulis oleh Luca  Pacioli pada tahun 1494 mengenai akuntansi yang termuat dalam satu bab yang berjudul Tractatus de Computis et Scriptoris. 
2.      Adanya revolusi industry di Inggris pada abad ke-18. Akuntansi digunakan terutama oleh pemilik pabrik.
3.  Munculnya berbagai perusahaan seiring semakin berkembangnya dunia bisnis pasca perang dunia. Perusahaan besar menggunakan akuntansi sebagai laporan pertanggungjawaban kepada pemegang saham mengenai kondisi perusahaannya.
4.     Seiring dengan munculnya praktik usaha keuangan syariah beberapa decade terakhir maka muncul pula akuntansi syariah yang untuk saat ini masih terbatas pada lembaga keuangan Islam. Beberapa Negara pelopor keuangan syariah antara lain Inggris, Malaysia, Pakistan, Indonesia,  dan Negara-negara Timur Tengah.
Perkembangan akuntansi di Indonesia sendiri bermula dari praktik tata buku yang dilakukan oleh Belanda. Seiring dengan perkembangan zaman maka tata buku beralih menjadi akuntansi. (fhw)


0 comments :

Post a Comment