Thursday 23 August 2012

Universitas Indonesia Membuka Program Studi Baru Ekonomi Syariah

Setelah lama diperjuangkan akhirnya berita baik terdengar pada saat Ramadhan 1433 lalu. Program studi ekonomi syariah telah lama diusahakan dosen-dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak 1998. Namun baru saat ini persetujuan pendirian program studi tersebut diputuskan. 

Dilansir melalui jejaring sosial salah satu dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Miranti Kartika Dewi, "Tidak ada kata lain yang dapat kami di FEUI ucapkan atas disetujuinya Pendirian Program Studi S-1 Ekonomi Islam yang sudah diusahakan oleh para senior kami sejak tahun 1998: Alhamdulillah....." Setelah dilakukan konfirmasi, pembukaan program studi tersebut akan dilaksanakan untuk tahun ajaran 2013-2014.

Praktik perbankan syariah di Indonesia lebih dahulu ada dibandingkan studi formalnya. Meskipun demikian studi mengenai perbankan dan ekonomi syariah telah banyak dilakukan oleh sarjana muslim di banyak negara. Adapun tidak kalah pelaknya, Inggris yang notebene adalah negara non muslim, menjadi pelopor ekonomi syariah melalui pendirian program studi keuangan Islam di Durham University. 

Di Indonesia, ekonomi syariah diawali dengan lahirnya Bank Muamalat. Bank syariah pertama yang berasal dari negeri jiran. Menyusul kemudian dbermunculan bank-bank syariah baik berasal dari bank pemerintah ataupun swasta dan asing. Pertumbuhan pasar perbankan syariah yang cukup besar dalqam satu dekade terakhir mengakibatkan peningkatan kebutuhan sumber daya manusia. 

Dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia, banyak didirikan lembaga pendidikan mengenai syariah. Namun, dari universitas sendiri masih sangat terbatas. Program ekonomi syariah lebih banyak dipelajari pada kampus-kampus Islam daripada kampus umum.

Universitas Indonesia merupakan satu kampus ternama di Indonesia. Pengaruhnya dalam arsitektur ekonomi Indonesia sudah sangat kental. Namun lain halnya dengan ekonomi syariah. Universitas Indonesia  cenderung bergerak agak lamban dalam mendorong dobrakan ekonomi syariah. melalui pendidikan . Meskipun demikian sebelumnya beberapa tim dosen telah berusaha memasukkan kuliah ekonomi syariah  ke dalam kurikulum studi di fakultas. ekonomi Hanya saja masih menjadi mata kuliah pilihan bagi mahasiswa yang tertarik kepada ekonomi syariah. 

Lembaga PEBS (Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah) menjadi penggerak utama dalam pendirian program studi tersebut. Selama ini PEBS menjadi lembaga riset ekonomi syariah. Seiring dengan giatnya pemerintah, dan praktik usaha syariah beberapa hasilnya riset salah satunya juga menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan pemerintah seperti Bank Indonesia dan Badan Kebijakan  Fiskal Kementerian Keuangan. 

Tentunya berita ini menjadi secercah harapan bagi kita akan bangkitnya ekonomi Islam di masa mendatang. (fhw)

0 comments :

Post a Comment